"UD. SRI MULYO adalah KIOS RESMI PUPUK BERSUBSIDI PETROKIMIA GRESIK atas binaan CV. INDO BARU MANDIRI yang sudah berdiri selama Tiga Tahun dan telah melayani kebutuhan pupuk Bersubsidi khususnya di Desa Drokilo, Kecamatan Kedungadem. Untuk lebih jelasnya Hub. 085233666466 atau 085735223336".

Selasa, 22 Mei 2012

PENGENDALIAN HAMA WERENG COKLAT


Wereng coklat (Brown Planthoppel-Bph) atau dengan bahasa latin Nilaparvata lugens (Stal) merupakan salah satu hama yang ditakuti petani. Bila petani lalai mewaspadai serangan hama wereng coklat ini, dapat dipastikan tanaman padi akan mati. Pengendalian secara preventif atau pencegahan ternyata lebih efektif dan lebih murah dibandingkan dengan pengendalian kuratif atau
setelah tanaman terserang.
Wereng coklat (Nilaparvata lugens (Stal)) dapat mengakibatkan kerusakan pada tanaman padi hingga mencapai kegagalan panen karena
serangannya sangat dahsyat. Wereng coklat menjadi salah satu hama utama tanaman padi di Indonesia sejak pertengahan tahun 1970-an sampai kini. Hama ini merupakan konsekuensi dari penerapan sistem intensifikasi padi (varietas unggul, pemupukan N dosis tinggi, penerapan IP>300, dsb). Penggunaan pestisida yang melanggar kaidah-kaidah Pengendalian Hama Terpadu (PHT) yaitu (tepat jenis, tepat dosis,dan tepat waktu aplikasi) turut memicu ledakan wereng coklat. Tingkat kerusakan serangan wereng coklat dapat meningkatkan kerugian hasil padi dari hanya beberapa kuintal gabah sampai puso tergantung tingkat serangannya. Selain itu, wereng coklat juga merupakan vektor penyakit virus kerdil rumput dan kerdil hampa.
Wereng coklat melakukan serangan dengan menghisap cairan dari dalam jaringan pengangkutan tanaman padi. Wereng coklat dapat menimbulkan kerusakan ringan sampai berat pada hampir semua fase tumbuh yaitu sejak fase bibit, anakan, sampai fase masak susu (pengisian).
Gejala serangkan wereng coklat dapat terlihat dari individu rumpun daun­-daun yang menguning, kemudian tanaman mengering dengan cepat (seperti terbakar). Gejala ini dikenal dengan istilah hopperburn. Dalam suatu hamparan, gejala hopperburn dapat terlihat seperti bentuk lingkaran  yang juga menunjukkan pola penyebaran wereng coklat. Bentuk ini terjadi, dimulai dari satu titik kemudian meyebar ke segala arah dalam bentuk lingkaran. Dalam keadaan demikian, populasi atau jumlah wereng coklat yang menyerang biasanya sudah sangat tinggi.
Pengendalian hama wereng coklat ini dapat dilakukan dengan : 1) menggunakan varietas tahan hama; 2) penanaman padi dengan jarak tanam yang tidak terlalu rapat; 3) pergiliran varietas, dan 4) menggunakan insektisida yang efektif untuk mengendalikan hama. Varietas yang tahan wereng coklat, tergantung pada biotipe yang berkembang di suatu ekosistem.
Untuk mencegah serangan hama wereng coklat ini dapat menggunakan berbagai jenis insektisida yang efektif antara lain yang berbahan aktif :
-  Amitraz dengan nama dagang Mitac
-  Bupofresin dengan nama dagang Applaud
-  Beauveria bassiana 6.20×1010 cfu/ml dengan nama dagang Bive AS
-  BPMC, dengan nama dagang Bassa, Kiltop, Baycard
-  Fipronil dengan nama dagang Regent
-  Karbofuran dengan nama dagang Curater, Dharmafur, Furadam
-  Karbosulfan dengan nama dagang Marshal
-  Metolkarb dengan nama dagang Rexal
-  MIPCI dengan nama dagang Mipcin, Mikarb, Dharmacin
-  Propoksur dengan nama dagang Poksindo
-  Tiametoksam dengan nama dagang Actara atau Amidakloprid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar