"UD. SRI MULYO adalah KIOS RESMI PUPUK BERSUBSIDI PETROKIMIA GRESIK atas binaan CV. INDO BARU MANDIRI yang sudah berdiri selama Tiga Tahun dan telah melayani kebutuhan pupuk Bersubsidi khususnya di Desa Drokilo, Kecamatan Kedungadem. Untuk lebih jelasnya Hub. 085233666466 atau 085735223336".

Jumat, 01 Juni 2012

TEMBAKAU JATIM TARGET 80 RIBU TON


Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Jatim menyatakan pada tahun 2012 ini target produksi tembakau diturunkan.
Jika tahun lalu, Jatim mampu memproduksi tembakau 120 ribu ton, tahun ini target produksi hanya 80 ribu ton. Sebanyak 60 ribu di antaranya untuk kebutuhan pabrik rokok besar dan 20 ribu ton lainnya untuk pabrik rokok kecil.
Kadisbun Jatim Samsul Arifien, Rabu (30/5/2012) mengatakan, penurunan jumlah itu sangat realistis mengingat stok tembakau pabrik rokok besar masih cukup banyak. Artinya, produksi tembakau hanya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan stok pabrik rokok saja yang jumlahnya tak terlalu besar.
"Soal produksi tembakau itu hak petani. Tapi kami mengimbau agar produksi tak berlebihan seperti tahun lalu, karena stok tembakau pabrik rokok masih cukup banyak. Intinya, kami warning pada petani untuk jangan sampai tanam melebihi kebutuhan pabrik rokok," katanya.
Menurut dia, saat ini iklim juga sangat baik dan diharapkan hasil produksi bisa tetap bagus seperti
tahun lalu. Dengan hasil produksi bagus dan kualtas tinggi, maka harga pun bisa lebih mahal.
Dari berbagai jenis tembakau di Jatim, jenis kasturi menjadi primadona yang diharapkan produksinya meningkat. Tahun lalu tembakau kasturi hanya diproduksi 10 ribu ton. Tahun ini kebutuhan kasturi masih cukup besar dan diharapkan mampu mencapai 14 ribu ton.
Untuk tembakau virginia ditargetkan produksinya dapat menurun. Jika 2011 hasil produksinya mencapai 18 ribu ton, tahun ini ditargetkan hanya 7 ribu ton. Ini dikarenakan kebutuhan pabrik untuk virginia tak terlalu besar seperti tahun lalu. Sedangkan tembakau jenis paiton asal Probolinggo dan jenis madura asal Pamekasan serta Sampang ditargetkan produksinya tetap sama seperti tahun lalu. Untuk paiton ditarget 10 ribu ton dan jenis madura 30 ribu ton.
Di tahun 2012 ini, Disbun Jatim juga menggelontorkan banyak bantuan hibah untuk pengembangan tembakau. Adapun yang kini telah dipersiapkan untuk dihibahkan, yakni 33 unit hand tracktor, pompa air sebanyak delapan unit, kultivator 16 unit, blower 25 unit, keranjang na oogst 3.000 buah, widik untuk jemur tembakau 10 ribu unit, dan APO (alat pembuat pupuk organik) sebanyak empat unit.
Tak hanya hibah berupa alat, tahun ini pula Disbun juga menyiapkan bantuan 3 juta bibit tanaman turi untuk ditanam di areal tembakau virginia seluas 8.000 hektare di wilayah Lamongan dan Bojonegoro yang menjadi sentra tembakau Virginia. Tanaman turi itu dijadikan alternatif bahan bakar pengganti minyak tanah yang sudah tidak disubsidi pemerintah untuk mengomprong tembakau.
Dalam luas satu hektare lahan tembakau, lanjut dia, dapat ditanami 1.000 pohon turi. Hibah tanaman turi sebanyak 3 juta pohon itu didanai dari APBD Jatim. Itu akan dilakukan secara berturut-turut selama tiga tahun hingga tertanam sebanyak 10 juta pohon turi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar